Senin, 29 Januari 2018

Syarat Pendaftaran Masuk STAN



Syarat masuk STAN atau kepanjangannya Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Salah satu perguruan tinggi kedinasan yang sangat terkenal di Indonesia adalah STAN. Sekolah kedinasan ini menjadi salah satu tujuan favorit bagi para lulusan SMA untuk melanjutkan jenjang pendidikan mereka. STAN menjadi sekolah unggulan bagi mahasiswa dengan kemampuan akademik tinggi di bidang keuangan dan perpajakan. Jaminan kerja setelah lulus merupakan keunggulan STAN yang mampu menarik ribuan pelamar setiap tahunnya. Lantas, bagaimana syarat masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara tersebut? Ikuti ulasannya berikut ini.

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) merupakan Perguruan Tinggi Ikatan Dinas (PTIN) yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. STAN berdiri sejak tahun 1977, namun sejak tahun 2015 STAN berubah nama menjadi Politeknik Keuangan Negara  STAN. Tidak semua orang dapat menjadi mahasiswa di STAN. Syarat masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) terkenal berat dan ujian masuknya juga sangat ketat.

UJIAN SYARAT MASUK STAN (SEKOLAH TINGGI AKUNTANSI NEGARA)
Meskipun nama STAN sudah tranformasi menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN, akan tetapi sebutan STAN saja masih ada dibenak masyarakat. Nah, ujian seleksi masuk (USM) STAN dilaksanakan setiap tahun. Ada beberapa syarat masuk STAN yang harus Anda penuhi diantaranya adalah

A. PERSYARATAN UMUM UJIAN MASUK STAN
1. Peserta merupakan lulusan SMA/SMK/sederajat.

2. Peserta merupakan lulusan tahun 2016 atau sebelumnya. Lulusan tahun 2017 juga dapat ikut mendaftar. Peserta sudah harus memiliki ijazah (bagi lulusan tahun 2016 atau sebelumnya). Bagi lulusan tahun 2017 yang ijazahnya belum terbit, maka dapat menggunakan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional Sementara (SKHUN). Dokumen ijazah atau SKHUN dibuktikan dengan salinan berlegalisir dari sekolah.

3. Usia minimal adalah 17 tahun dan maksimal tidak boleh lebih dari 20 tahun (sesuai dengan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah).

4. Memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan sesuai dengan yang terlampir di situs resmi STAN.ac.id.

5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama proses pendidikan berlangsung.

6. Memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik serta terhindar dari narkoba dan sejenisnya yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter pemerintah/puskesmas.

7. Peserta diwajibkan untuk membayar biaya pendaftaran USM STAN sebesar Rp 250.000,00. Biaya ini tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

B. PERSYARATAN KHUSUS UJIAN MASUK STAN
1. Nilai rata-rata ujian nasional yang tertera pada ijazah atau Surat Keterangan Hasil Ujian Sementara (SKHUN) minimal 70,00 (bukan hasil pembulatan desimal) dengan skala 100,00. Nilai Ujian Nasional ini menjadi standar penyaringan pertama untuk dapat masuk ke STAN. Dengan standar nilai ini, pihak STAN memastikan bahwa calon mahasiswa memiliki kemampuan akademik yang bagus.

2. Untuk Jurusan D1 dan D3 Bea dan Cukai terdapat aturan tambahan yang wajib dipenuhi oleh pelamar yaitu:

a. Untuk jurusan D1 Bea dan Cukai dapat diikuti oleh pelamar laki-laki dan perempuan.
b. Sedangkan untuk jurusan D3 Bea dan Cukai dikhususkan bagi pelamar laki-laki.
c. Kedua jurusan ini juga mencantumkan tinggi badan minimal 165 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk perempuan.
d. Peserta dinyatakan tidak buta warna.
e. Bagi peserta yang memakai kacamata atau lensa kontak (minus, plus, atau silindris) dikenakan batas toleransi maksimal sampai 2D (dua dioptri).
Untuk Informasi Lengkap Klik DISINI

Share this

0 Comment to " Syarat Pendaftaran Masuk STAN"

Posting Komentar